Template Blog Bagi Pemula

template blog bagi pemula

Hallo sobat blogger, ada yang tahu apa template itu?? Saya rasa sudah banyak yang tahu dan sudah paham sekali tentang hal ini. Bahkan beberapa master blogger di negeri ini sudah banyak yang membuatnya versi premium. Dalam beberapa blog, saya menggunakan template gratis yang bisa kita temukan di search engine. 

Oke, dari pada bertele-tele mari kita bahas selengkapnya. 

Template adalah pola untuk membentuk tampilan blog atau website di layar monitor. Tampilan blog atau website itu seperti apa? Kalau sobat klik judul artikel ketika browsing dengan google, kemudian muncul halaman blog atau website, itulah namanya tampilan, dan dapat disebut template. Sederhana bukan?
Setiap blog atau website tentu punya tampilan atau template mereka sediri‐sendiri. Dan tampilan blog itu disusun dengan pola tertentu oleh pembuat template. Yang harus anda lakukan pada blog dalam penggunaan Template Blog adalah:

Pilih Template yang menarik
Carilah template yang di rasa menarik bagi sobat maupun pengunjung. Dari googling banyak sekali tersedia contoh template yang menarik baik berbayar maupun yang gratis. Menurut saya, template menarik boleh asal jangan berlebihan, misalnya terlalu banyak widget.

Pilih Template yang ringan
Salah satu faktor yang penting lainnya adalah besarnya file template tersebut. Sobat harus memperhatikan berat tidaknya proses loading web sobat. Visitor akan enggan berkunjung ke web  sobat apabila proses loadingnya terlalu lama. Maka hindarilah hal seperti ini. Banyak faktor faktor yang membuat web itu menjadi berat diantaranya:

  • Terlalu banyak gambar ukuran besar
  • Terlalu banyak script atau variasi yang terpasang
  • Ukuran template yang besar
  • Faktor server hosting yang terlalu sibuk atau memang lambat

Dari hal tersebut kita bisa kita bisa memilih template yang bagus dan cepat proses loadingnya. Untuk mengukur kecepatan web beserta komponen yang paling lengkap bisa anda coba di websiteoptimization atau klik disini (cara mengecek berat blog anda).

Pilih Template yang SEO Friendly
Jenis template yang saya maksud adalah Template yang friendly terhadap search engine atau tidak. Tetapi anda bisa melihat atau mencari di situs penyedia dengan memakai keyword seo template. Pada umumnya untuk blogspot untuk seo friendly boleh di katakan banyak tersedia baik yang gratis maupun yang berbayar, hal ini juga di dukung oleh server sobat, yang artinya tidak semua server mendukung atau support dengan SEO Friendly.

Pilih Template yang memiliki navigasi situs baik
Maksudnya navigasi situs yang baik adalah, template yang memiliki komposisi menu, sub menu atau kategori untuk postingan yang mudah diakses oleh para pengunjung blog sobat. Ini juga bagus dimata google sehingga sobat besar kemungkinan diterima oleh google adsense.

Terima kasih. Semoga Bermanfaat.
Previous
Next Post »

Berkomentarlah yang baik jangan melakukan spam EmoticonEmoticon