Setelan Pada Blogspot

setelan pada blogspot


Setelah sobat membuat blog dan mengganti template, langkah selanjutnya adalah mengatur setelan blog terlebih dahulu, seperti judul, deskripsi, privasi, alamat, dan sebagainya. Secara default blog yang baru dibuat akan terlihat publik, dan akan terdaftar di mesin pencari. Jika blog sobat masih baru, alangkah baiknya di set privasi terlebih dahulu, untuk mengembangkan blog.

Dasbor Blogger

Menu pada setelan

1. Dasar
Pada menu ini sobat dapat mengganti Judul Blog, Menambah Deskripsi, mengatur privasi mesin pencari, mengganti alamat blog, serta menambah penulis blog. Mengganti Judul Blog, Menambah Deskripsi, serta Mengatur Privasi Mesin Pencari. Untuk mengganti judul, deskripsi, dan privasi mesin pencari, cukup tekan menu "Edit" untuk menggantinya.

Mengganti nama domain blog
Untuk mengganti nama domain, tekan menu "edit" untuk mengganti: Pastikan nama domainnya tersedia untuk didaftarkan, jika sudah simpan. Sobat juga dapat menggunakan domain dari Top Level Domain seperti com, net, org, dan lain sebagainya, (akan dibahas di postingan selanjutnya).

Menambahkan penulis di blog
Di blogspot selain sobat sendiri yang mengelola blog, sobat juga dapat mengundang teman/orang lain untuk bergabung mengelola, ataupun mengisi konten. Cukup masukkan email siapa saja yang ingin anda undang, dengan menekan tombol "+Tambahkan Penulis", lalu input email, atau pilih dari kontak, lalu undang penulis.

Mengatur pembaca blog
Bagi sobat yang  baru membuat blog, atau hanya ingin berbagi dengan pembaca tertentu saja, sobat dapat mengaturnya di opsi pembaca blog. Seperti berikut,


Jika sudah simpan perubahan. 

2. Pos dan Komentar
Pada menu ini sobat bisa mengatur jumlah postingan yang mau ditampilkan di beranda (homepage). Lalu jika anda mempunyai postingan yang identik, dan ingin menghemat waktu mengatur layout dalam pos anda bisa menambahnya di Template Entri. Misal anda ingin membuat 10 postingan yang terdiri dari :
  • Pendahuluan
  • Isi
  • Daftar Isi

Untuk setiap posnya, daripada harus mengulang mengetik untuk isi tersebut, cukup tambahkan saja di templat entri, nanti setiap membuat pos baru, apa yang ditulis di templat entri akan muncul di post baru.

Kemudian ada pengaturan lightbox, dimaksud lightbox disini, jika visitor melihat gambar akan muncul box tanpa berpindah url, seperti gambar berikut:


Mengatur Setelan Komentar
Bagi anda yang ingin memunculkan / menyembunyikan komentar anda bisa mengaturnya di lokasi komentar, untuk pilihan tersemat komentar tersedia di bawah pos, halaman penuh: form komentar akan muncul di halaman penuh, jendela munculan: form komentar akan muncul dijendela baru, dan untuk menyembunyikan cukup pilih sembunyikan.

Untuk mengatur siapa saja yang dapat mengomentari, anda bisa mengaturnya di "Siapa yang dapat mengomentari", dan jika butuh moderasi, anda juga dapat mengaktifkannya. Jika ingin memunculkan chaptcha, cukup aktifkan "ya" pada tampilkan verifikasi kata.

Untuk memunculkan tautan balik, anda bisa mengaktifkannya di menu "Tampilkan tautan balik", dan yang terakhir jika anda ingin menampilkan pesan di form komentar, anda bisa menambahkannya di menu "Pesan Formulir Komentar".


Pada pengaturan atau setelan email dan seluler, disini anda bisa mengatur untuk memposting sebuah blog melalui email dan SMS yang telah didaftarkan. Jadi ketika anda sedang dalam perjalanan atau mobile, dengan mudah anda bisa memposting suatu blog.

3. Seluler dan Email
Posting Blog Menggunakan SMS
Buka Setelan lalu, Email dan Seluler, Pada bagian seluler, pilih "Tambahkan Perangkat Seluler". Setelah itu kirimkan kode yang muncul ke nomor yang telah disediakan oleh google. Kemudian tunggu hingga perangkat seluler sobat terverifikasi. Dan selanjutnya sobat dapat memposting melalui nomor yang disediakan dari google (MMS/SMS). Tapi tentunya tarif lokal berlaku. Untuk berhenti ketikkan saja
UNREGISTER to BLOGGR kirimkan ke nomor SMS. Tekan "Simpan Setelan" jika sudah mengatur setelan seluler.

Posting Blog Menggunakan Email
Selain menggunakan MMS/SMS, posting blog juga bisa dilakukan melalui Email, buka setelan, pilih Email dan Seluler, pada bagian Email, di tempat SecretWords, ganti dengan kode sobat atau tulisan yang sobat inginkan, nah jika sobat ingin posting cukup emailkan ke alamat tersebut. Lalu pada opsi bisa dipilih segera publikasikan, simpan, atau dinonaktifkan.

Selain pengaturan posting melalui Email dan SMS, pada setelan Email dan SMS sobat juga dapat mengatur informasi postingan dan komentar melalui Email. Setiap email yang sobat tuliskan didalamnya akan mendapat informasi/notifikasi tentang komentar atau postingan terbaru.

Pemberitahuan Komentar
Isikan alamat email sobat untuk pemberitahuan komentar yang masuk ke blog sobat.

Pemberitahuan Postingan terbaru.
Jika sudah mengatur setelan Email, jangan lupa tekan "Simpan Setelan" untuk menyimpan setelan yang telah sobat di buat.

4. Bahasa dan Pemformatan
Secara default bahasa yang digunakan ketika mendaftar blogspot/blogger adalah bahasa yang sesuai dengan lokasi dimana kita tinggal atau jika diindonesia, maka bahasa antar muka google akan berbahasa Indonesia. Begitu pula dengan navigasi dan keterangan pada blog juga dalam bahasa indonesia.

Setelan Bahasa
Untuk mengatur bahasa pada antar muka google, pengaturannya ada di akun google global dan sepertinya sangat tidak perlu diganti. Namun untuk antar muka pada blog, atau blog yang dilihat publik tentunya navigasinya harus sesuai dengan target negara yang dituju. Agar tidak membingungkan pengunjung / visitor nantinya. Untuk mengganti setelan bahasa, buka setelan kemudian pilih Bahasa dan Peformatan. Untuk langsung mengganti bahasa menjadi bahasa yang diinginkan, pada menu Bahasa, pilih saja bahasa yang diinginkan.

Selain itu anda juga dapat menterjemahkan postingan blog dari bahasa inggris ke bahasa yang tersedia didalam menu transliterasi, tapi sepertinya fitur ini tidak perlu untuk bahasa indonesia. Setelah diaktifkan maka nanti pada saat mengedit postingan blog, atau memulai memosting suatu blog, akan muncul seperti penyaranan kata terjemhan seperti ini.

Sayang untuk indonesia tidak ada, jadi matikan saja fitur transliterasi. Tekan "Simpan Setelan" jika sudah mengatur setelan bahasa pada blogger/blogspot.

Setelan Format
Selanjutnya adalah Pengaturan Format. Yang dimaksud format disini adalah format zona waktu, format header tanggal, format timestam, dan format stempel waktu komentar. Untuk Indonesia defaultnya adalah seperti ini. Jika dirasa setelan waktunya kurang sesuai untuk anda, anda bisa mengubahnya ke opsi yang lain.

Tekan "Simpan Setelan" jika sudah mengatur setelan format pada blogger/blogspot.

5. Prefensi dan Penelusuran
Setelan berikutnya  pada blogger/blogspot adalah "preferensi penelusuran". Pada preferensi penelusuran ini, sobat bisa mengatur deskripsi meta, mengalihkan kesalahan 404/blog tidak ditemukan, serta pengaturan robot untuk keperluan indeks.

Mengatur tag meta deskripsi
Tag pada meta deskripsi bertujuan untuk memunculkan deskripsi situs pada mesin pencari. Jadi jika seseorang atau visitor mencari situs dengan nama blog sobat, maka akan tampil dimesin pencari dengan deskripsi yang telah sobat buat. Untuk pengaturan di blogspot sangat mudah, buka setelan lalu, pilih tag meta, kemudian input saja keterangan deskripsi yang sobat inginkan. Jika sudah simpan perubahan.

Menulis Pesan Kesalahan 404/post tidak ditemukan / doesnt exist
Jika anda pernah memposting blog, dan blog tersebut dibookmarks atau terdaftar di mesin pencari, kemudian sobat hapus postingan tersebut, maka jika seseorang atau visitor membuka kembali kealamat tersebut, maka visitor tersebut akan mendapati halaman kosong atau halaman tidak ditemukan. Nah daripada pengunjung tersebut bingung mau kemana, tulis saja pesan dihalaman tersebut jika posting sengaja dihapus atau dipindahkan. Jadi pengunjung tidak langsung pergi meninggalkan blog begitu saja. 

Mengalihkan Halaman yang tidak ada / Mengalihkan kesalahan 404
Nah selain menulis pesan kesalahan, jika memang postingan anda hapus atau diganti dengan yang baru,  sobat bisa mengalihkannya ke URL lama ke url yang baru. Jadi saat pengunjung atau visitor mengunjungi kembali bisa langsung ke URL baru.

Cukup ganti dari :url lama, kepada : urlbaru, 

Mengatur Indeks Perayap Mesin pencari
Disini sobat dapat mengatur konten apa saja yang perlu dirayapi mesin pencari. Tapi hati-hati salah setting blog sobat justru tidak akan tampil sama sekali di mesin pencari, untuk hal ini akan diposting secara tersendiri.

6. Lainnya
Pada setelan lainnya di blogger/blogspot terdiri dari menu Alat Blog, Umpan Situs, Open ID, dan sebagainya. Dimana didalamnya anda dapat mengekspor, impor, dan menghapus blog, mengatur umpan situs, open ID, dan menambah ID google analytics.

Berikut adalah detailnya:

Alat Blog
Pada alat blog ini anda dapat melakukan backup pada content blog anda, anda bisa expor/simpan untuk diunduh (backup), lalu impor untuk mengembalikannya kembali. Selain itu pada alat blog juga bisa menghapus blog yang tidak anda inginkan.
Umpan Situs
Disini anda dapat mengatur umpan situs / Feed pada blog anda.

Konten terkait umpan situs:
- Mengatur Feeds agar dibaca penuh atau dibaca sebagian (cuplikan) 

OPENID
Secara default URL open ID akan ditampilkan disini.

Konten dewasa
Jika konten blog anda hanya untuk yang cukup umur, dewasa, orang tua, lansia, maka anda bisa mengaktifkan opsi ini untuk memberi peringatan bagi pengunjung yang ingin mengunjungi situs anda.

Google Analytics
Jika anda menggunakan google analytics, maka anda bisa memasukkan ID properti Web Analytics disini.


Semoga Bermafaat. Terima Kasih.



Previous
Next Post »

Berkomentarlah yang baik jangan melakukan spam EmoticonEmoticon