Cara Booting Melalui CD/DVD atau Flashdisk

Kali ini Bang Janu membahas bagaimana caranya setting bios agar dapat booting melalui CD/DVD ROM bahkan flashdisk. Terkadang sobat perlu boot dari CD/DVD untuk melakukan installasi sistem operasi, memperbaiki atau upgrade komputer sobat. Masalahnya adalah, sebagian besar komputer/laptop adalah secara default akan melakukan boot dari hard disk, dan tidak dapat untuk boot dari CD/DVD.

cara setting booting bios

Agar komputer sobat dapat booting melalui CD/DVD ROM, berikut langkah-langkahnya;

1. Restart pada komputer sobat

2. Lalu ketika sobat melihat logo produsen komputer/laptop yang ditampilkan, tekan tombol untuk masuk ke menu setup BIOS. Tombol untuk masuk ke meu BIOS bervariasi oleh produsen. Tombol paling umum adalah F2, F10, F12, dan Del. Biasanya tombol masuk ke BIOS akan ditampilkan di bawah logo, atau di samping layar.

3. Setelah berhasil masuk ke BIOS, maka tampilannya kira-kira akan seperti gambar dibawah ini. Mouse dinonaktifkan, gunakan tombol panah untuk bergerak di sekitar BIOS, Lihat pada "Boot" atau "Boot Priority", hal itu dapat di lihat di menu tab bagian atas, tetapi beberapa BIOS ini mungkin terletak di lanjutan atau bagian yang lain. 


4. Atur urutan teratas boot, jika menggunakan flashdisk pilih removable disk, jika menggunakan CD/DVD ROM maka pilih CD-ROM Drive.

5. Jika sudah diatur sesuai keinginan silahkan tekan F10 dan pilih yes. Kalau berhasil maka tampilan seperti dibawah ini;


Pada dasarnya semua merk komputer/laptop berbeda tampilan pada setting bios ini, namun caranya hampir sama karena memakai istilah-istilah yang sama. Terima kasih sudah menyimak, semoga dapat membantu sobat sekalian. 
Previous
Next Post »

Berkomentarlah yang baik jangan melakukan spam EmoticonEmoticon