Mengenal Meta Tag Description

Apa sih Meta Tag?? kadang para blogger baru bingung dengan istilah ini. Para blogger baru tentunya banyak membaca informasi di internet bahwa dengan memasang Meta Tag ini dapat membantu mesin pencari untuk meningkatkan pengunjung di blognya. Oke, langsung saja Bang Janu bahas lebih lengkapnya, jika para wemaster membaca dan ada kekurangan akan tulisan saya bisa kirim komentar dibawah; 

cara memasang meta tag di blog

Pengertian Meta Tag
Meta adalah elemen atau tag dalam bahasa pemrograman HTML atau XHTML yang berfungsi sebagai pemberi informasi metadata dari sebuah halaman web. Elemen meta ini harus diletakkan pada bagian “head” dalam HTML tersebut. Tag meta ini dapat dipakai juga untuk menyatakan deskripsi/keterangan dari suatu halaman web dan untuk menjelaskan mengenai kata kunci (keyword) yang terkait serta untuk metadata lain tanpa “head”. Secara umum, terdapat beberapa macam meta tag dengan fungsi yang berbeda. Beberapa fungsi tersebut misalnya meta keywords dan description. (wikipedia) 

Meta Tag adalah sebuah Tag yang dapat anda tambahkan ke dalam situs anda untuk memberitahu robot mesin pencari dan aplikasi web lain apa isi dalam halaman tertentu dan informasi lainnya. Mereka memberikan halaman judul , deskripsi dan kata kunci web anda yang dapat digunakan untuk membantu meningkatkan peringkat mesin pencari dan meningkatkan lalu lintas ke halaman tersebut. (seoterpadu)

Cara Memasang Meta Tag 
- Masuk dasbor blogger sobat, pilih Template dan Edit HTML


- Kemudian sobat cari kode <head> dengan cara ketik ctrl+f, maka akan muncul kotak kecil di kanan atas, tinggal sobat ketik <head>.


- Setelah ketemu, klik kursor di samping kode <head> lalu tekan Enter. Kemudian masukan kode dibawah ini;
<meta content='Deskripsi Blog Sobat' name='description'/>
<meta content='Keyword Blog Sobat' name='keywords'/>
Teks warna biru Sobat isi deskripsi blog sobat. Misalkan blog sobat toko online obat herbal maka deskripsinya toko online obat herbal murah dan terpercaya di Jakarta.
Teks warna merah sobat isi dengan keyword atau kata kunci blog sobat. Contoh diatas toko online obat herbal, maka kata kuncinya adalah obat, herbal, obat herbal, obat murah, dll.

Cara diatas ternyata sudah tidak terlalu penting menurut pakar SEO dan mesin pencari google pun sudah tak memakai meta tag. Tapi tidak masalah bagi sobat yang ingin memasangnya agar blognya SEO friendly.

Cara yang paling mudah mengisi deskripsi blog kita adalah sebagai berikut;


1. Di dasbor blogger pilih Setelan
2. Aktifkan deskripsi penelusuran pilih "YA"
3. Isi deskripsi blog sobat
4. Lalu klik Simpan Perubahan

Setelah cara diatas dilakukan, sebaiknya sobat mengisi deskripsi disetiap postingan yang soat tulis. Isi kotak tersebut ( gambar dibawah ) dengan deskripsi berdasarkan tulisan yang sobat buat. 


Semoga penjelasan diatas dapat membantu dan memerikan pencerahan bagi sobat blogger semua. Jika ada kekuarangan Bang Janu mohon maaf. Terima Kasih
Previous
Next Post »

Berkomentarlah yang baik jangan melakukan spam EmoticonEmoticon