Cara Sukses Promosi Blog

cara sukses promosi blog
Sudahkan sobat membuat blog? Sudahkan  sobat  mengisinya dengan postingan postingan  yang menarik  dan  bermanfaat?  Lalu,  bagaimana  hasilnya?  Apakah pengunjungnya  sudah  sesuai  dengan  yang  sobat  harapkan?    Situs  atau  blog sobat sepi pengunjung?

Wah,  kalau  iya,  berarti  sia-sia  sudah  perjuangan  sobat  sebagai  blogger.  Tapi, jangan  khawatir,  sebenarnya  masalah  ini  bisa  diatasi  asalkan  kita  cerdik  dan pintar mencari celahnya.  Nah, Bang Janu mau berbagi sedikit ara promosi blog. Jika sobat mau  melakukannya secara telaten, Bang Janu jamin blog sobat akan ramai pengunjung. 
Yuk  kita  uraikan  bersama-sama  bagaimana  sih  cara  sukses  promosi  blog  agar blog yang baru kita buat itu bisa laku keras dengan banyaknya pembaca yang mendatangi  blog  kita?  berikut adalah poin-poin yang biasa Bang Janu lakukan;

1. Buat Template Blog yang Menarik
Desain  blog  yang  menarik  tentu  akan  memiliki  daya  pikat  tersendiri  bagi pengujung  yang  melihatnya.  Buatlah  sebuah  desain  tata  letak  blog  yang sederhana,  tetapi  nyaman  untuk  dilihat  pengunjung.  Jangan  terlalu  banyak memasang  pernak-pernik  blog  agar  pengunjung  kita  tetap  merasakan kenyamanan saat membaca. Sebab, inti dari kedatangan pengunjung dalam blog kita  adalah  membaca  bukan?  Jadi,  sekali  lagi  jangan  terlalu  banyak menampilkan  pernak-pernik  yang  tidak  begitu  dibutuhkan  dalam  blog  kita. 
Beberapa  hal  yang  harus  diperhatikan  adalah  pastikan  navigasi,  warna  dan elemen-elemen dalam blog tidak error, juga hindari broken link ( link rusak ). Untuk  itu  pilihlah  template  blog  secara  seksama  jika  sobat  menggunakan template  yang  gratis.  Bagi  yang  menggunakan  template  berbayar  at au  bisa diedit sendiri maka gunakanlah template yang SEO.

2. Posting
Buatlah postingan yang menari dan tidak copy paste dari blog orang lain, kalaupun ada silahkan tambahkan sedikit perbedaan tuliasan. Serta postinglah dengan teratur, misalnya sehari 3 postingan minimal. 

3. Mendaftarkan Blog ke Search Engine
Seperti  yang  telah  kita  ketahui  bersama  jika  search  engine  memiliki  peranan yang  besar  dalam  mendatangkan  pembaca  untuk  mengunjungi  blog  kita. Sebagian  besar  pengunjung  datang  dari  search  engine  yang  hendak  mencari sebuah  infromasi  yang  kebetulan  ada  dalam  blog  kita.  Lalu,  apa  jadinya  jika blog  yang  sudah  kita  buat  dan  kita  kembangkan  susah  payah  tidak  kita daftarkan dalam seacrh engine?

Wah,  tentu  sebuah  kerugian  besar  bukan?  Untuk  itulah sobat perlu mendaftarkan  blog  sobat  agar  terindeks  oleh  seacrh  engine. Sobat bisa submit blog ke beberapa search engine yang terkenal, seperti google, yahoo, dan msn.

4. Cantumkan ke Situs Jejaring Sosial
Jika  sobat  memiliki  akun  di  situs  jejaring  sosial  yang  cukup  populer  seperti facebook dan twitter, cantumkanlah alamat blog sobat pada profil dalam akun tersebut. Karena  pada  umumnya  banyak  sekali blog-blog populer karena banyak pengujung yang bersumber dari teman-teman mereka di situs jejaring sosial.

5. Ikuti Forum
Bergabunglah dalam sebuah forum diskusi yang membahas topik permasalahan yang  sama  dengan  tema  dalam  blog  kita.  Jika  kita  mampu  untuk  menjadi anggota  yang  berkompeten  di  dalamnya,  bukan  tidak  mungkin  akan  banyak orang yang akan sering mengunjungi blog kita.

6. Blogwalking dan Komentar
Bagi Bang Janu ini yang paling ampuh untuk mendatangkan pengunjung. Datangi blog orang lain dan isi buku tamu kalau bisa berkomentar. Maka akan banyak pengunjung yang datang k blog sobat.

7. Beritahu Teman Secara Offline
Beritahu teman secara offline juga mampu menghasilkan banyak pengunjung. Seringkali teman kita tersebut akan menengok seperti apa bentuk dari blog yang kita beritahukan tersebut. Jika ternyata memang bagus, maka tidak menutup kemungkinan jika teman kita itu pun akan menjadi salah satu pengujung tetap kita nantinya.

Itu sedikit tips untuk pemula dalam meningkatkan pengunjung di blog sobat. Semoga bermanfaat terima kasih.

Previous
Next Post »

Berkomentarlah yang baik jangan melakukan spam EmoticonEmoticon