Cara Merubah Domain Blog Menjadi (Dot) Com Terbaru

Hallo sobat blogger, apa kabar?? Kali ini Bang Janu mau berbagi cara tentang merubah domain blog dari blogspot.co.id menjadi Top Level Domain seperti .com, .id, .co.id, .us, dan banyak lainnya. Bang Janu membeli domain di Idwebhost sehingga cara dibawah merupakan setting domain di Idwebhost.

Berikut ini Bang Janu merubah sebuah blog milik teman menjadi .com. Ikuti langkahnya dengan baik dan benar. 

merubah domain blog jadi dot com terbaru idwebhost


1. Pertama, siapkan domain yang sudah dibeli sebelumnya. Bang Janu membeli domain di Idwebhost. Setelah membeli silahkan konfirmasi di Idwebhost sehingga domain sobat aktif. Setelah domain aktif maka tampilan area klien akan tampak seperti dibawah ini.


2. Sobat masuk blogger dan pilih setelan, kemudian klik siapkan url pihak ketiga. Sobat masukan url atau domain yang sudah dibeli tadi. Klik simpan. Dalam Hal ini masih ada pesan error muncul, tidak masalah, kita hanya butuh meng-copy Kode CNAME saja. 



3.Perhatikan gambar dibawah ini, copy kode yang diberi kotak merah di notepad agar tidak hilang karena akan di pakai saat setting di DNS Management. Kode ini dinamakan CNAME


4.  Masuk area klien di Idwebhost klik kelola domain.


5. Klik alat pengelolaan. dan pilih DNS Management.


6. Isikan DNS Management sebagai berikut (perhatikan gambar) :

Masukan 4 buah IP blogspot yaitu;


216.239.32.21
216.239.34.21
216.239.36.21
216.239.38.21

Klik untuk memperbesar


Cara mengisinya sebagai berikut :
  • Nama Host : @, Jenis Record : A (Address), Alamat : 216.239.32.21, Priority : Kosongkan - Simpan Perubahan
  • Nama Host : @, Jenis Record : A (Address), Alamat : 216.239.34.21, Priority : Kosongkan - Simpan Perubahan
  • Nama Host : @, Jenis Record : A (Address), Alamat : 216.239.36.21, Priority : Kosongkan - Simpan Perubahan
  • Nama Host : @, Jenis Record : A (Address), Alamat : 216.239.38.21, Priority : Kosongkan - Simpan Perubahan
Untuk nama host yang diisi dengan @ ketika di simpan akan berubah menjadi nama domain yang telah sobat beli. Berikut gambar hasil yang sudah diisi Ip blogspot semuanya.


7. Kemudian Isi kode CNAME yang telah di copy tadi di notepad dari blog sobat. (perhatikan gambar)


  • Nama Host : www, Jenis Record : CNAME (Alias), Alamat : ghs.google.com, Priority : Kosongkan - Simpan Perubahan
  • Nama Host : 5xeettkg43ua, Jenis Record : CNAME(Alias), Alamat : gv-usuf76whgdicqac.dv.googlehosted.com, Priority : Kosongkan - Simpan Perubahan
Berikut ini gambar yang telah berhasil di input Ip dan CNAME - nya 


8. Klik Back, kemudian sobat klik Nameserver. Sobat ubah nameserver menjadi :

  • - ns1.idwebhost.id 
  • - ns2.idwebhost.id

Lalu klik ubah Nameservers


9. Seluruh tahap penyettingan telah selesai, menurut customer service dari Idwebhost dibutuhkan waktu sekitar 6-8 jam untuk propagasi perubahan DNS-nya. Akan tetapi menurut pengalaman Bang Janu, jika setting domain (dot).com tidaklah memakan waktu lama, sekitar 15 atau lebih menit. Kalau setting domain lokai Indonesia seperti .id, .sch.id, .web.id, dll memang membutuhkan waktu yang lama.

10. Masuk blogger kembali pilih setelan dan isikan url atau domain sobat tadi dan simpan hingga tidak ada pesan error saat disimpan.

11. Jika sudah tidak ada pesan error maka sobat berhasil mengganti domain. Silahkan klik lihat blog maka blog sobat sudah memakai domain (dot)com. Selesai!!


Semoga artikel diatas dapat membantu sobat yang ingin menjadikan blog nya memakai domain TLD, khususnya yang membeli domain di Idwebhost. Jika bukan beli di Idwebhost, Bang Janu rasa sama saja pengaturannya hanya saja tampilan dan tata letak setting domain berbeda.

Jika ada pertanyaan silahkan komentar atau kirim via email yang ada di kontak. Jika tutorial diatas belum bisa dipahami bisa Bang Janu bantu dengan aplikasi Time Viewer jadi dibantu dari jarak jauh :D .

Terima kasih. Salam Blogger.

Previous
Next Post »

Berkomentarlah yang baik jangan melakukan spam EmoticonEmoticon