Cara Sukses Promosi Blog Part II

Waktu yang lalu Bang Janu pernah memposting Cara Sukses Promosi Blog, kali ini juga Bang Janu mau berbagi tentang cara sukses promosi blog, tapi ini cara lanjutan sebab Bang Janu pikir sobat semua sudah mengerti sekali tentang blog. Dalam hal ini Bang Janu bukanlah seorang master dalam promosi blog, ini semua berdasarkan pengalaman yang dialami. Bang Janu masih sama-sama belajar dengan sobat sekalian. Berikut cara-caranya;

1. Publikasi Melalui Email
Cara yang cukup efektif menurut Bang Janu, misalnya sobat mengirimkan email ke teman, rekan kerja, saudara atau siapapun. Cukup memberikan keterangan alamat blog di bawah pesan email. Cara termudah adalah memberi signature/tanda tangan dengan mengisi alamat blog sobat.

2. Berkomentar di Blog Orang Lain
Kenapa hal ini Bang Janu tulis kembali, karena cara ini memang sangat akurat. Berikan komentar yang positif dan apa adanya, jangan melakukan spam. Berikan komentar sesuai postingan yang ada jangan out of topic.

3. Saling Bertukar Link
Saling bertukar link dapat membuat blog sobat cepat dikenal dan sebagai media pengingat alamat blog yang pernah dikunjungi. Jangan sedikit pun marah atau kesal jika tidak di-link balik, sebab mungkin saja si pemilik blog sedang sibuk. Berfikirlah positif.

4. Daftarkan ke Blog Direktori
Blog  direktori  merupakan  sebuah  situs  yang  menyediakan  fasilitas  bagi  kita untuk  melihat  berbagai  jenis  situs  yang  terdaftar  di  dalamnya  sebagai  sebuah satu kesatuan komunitas dan terbagi ke dalam beberapa kategori. Blog direktori ini layaknya seperti sebuah gudang blog -blog yang terdaftar di dalamnya. Apa manfaat  jika  kita  mendaftarkan  blog  kita  di  sana?  Manfaatnya  adalah  setiap postingan  yang  telah  terpublikasikan  dalam  blog  kita  akan  secara  otomatis terjaring  dalam  pencarian search  engine. Contoh blog direktori adalah topblogarea, topbloglist, blogcatalog, blogdigger, myblogblog, dsb.

5. Promosi Lewat Iklan Dunia Maya
Sobat bisa mencoba membayar untuk mengiklankan blog sobat. Cara ini memang untuk yang benar-benar serius membangun blognya. Biasanya yang sering pakai cara ini adalah toko online. 

6. Domain Sendiri
Lebih baik gunakan lah domain sendiri. Sobat bisa membelinya di beberapa penyedia jasa hosting dan domain. Beberapa blog Bang Janu juga sudah menggunakan TLD (Top Level Domain). Dengan cara ini blog sobat terkesan profesional dan menarik pengunjung. 

7. Atur Meta Tag
Aturlah meta deskripsi dan meta keyword di blog sobat. Caranya bisa sobat baca DISINI!!

8. Dummy Blog
Buatlah beberapa dummy blog atau blog-blog baru untuk mendukung blog utama sobat. Beri link blog utama di dummy blog tersebut. Selain mendapatkan backlink untuk SEO, diharapkan para pengunjung dummy blog dapat berkunjung ke blog utama. Hal ini Bang Janu kurang mengikuti.

9. Pasang Iklan Pada Dunia Nyata 
Satu lagi cara bagi sobat yang memiliki budget lebih, pasanglah iklan di dunia nyata. Misalnya iklan baris di koran, pamplet di tiang-tiang listrik, selebaran di jalan dsb. Cara ini membutuhkan budget lebih dan Bang Janu tidak pernah melakukannya.

Itulah cara promosi blog yang menurut Bang Janu akurat sampai saat ini. Tapi ingat jangan lah berbuat spam dalam promosi. Sekian, semoga bermanfaat, terima kasih.
Previous
Next Post »

Berkomentarlah yang baik jangan melakukan spam EmoticonEmoticon